Skip to main content

PENTINGNYA ASI BAGI IBU DAN ANAK

Saat ini sedang digalakkan IMD ( Inisiasi Menyusui Dini ) bayi disarankan untuk mengkonsumsi ASI dini yang banyak mengandung kolostrum yang sangat bagus untuk gizi bayi. Bayi yang baru lahir organ tubuhnya belum sempurna, sehingga hatinya tidak bisa memompa darah dengan baik, jika darah tidak disaring dengan baik oleh hati maka racun akan terbawa dan berakibat kuning pada kulit, untuk itulah pentingnya ASI, terutama yang pertama keluar yang berwarna kuning dan kental, itulah yang mengandung gizi yang hebat sekali, mengandung antibody yang tidak ada di susu formula. Jika kita punya saudara atau putri yang mengandung silahkan disarankan. Bayi sebenarnya tahan 3X24 jam tidak kemasukan apa apa karena dia masih punya stok makanan sejak dia di dalam rahim.


Jangan sampai kita kalah dengan DOT karena jika dia sudah sejak awal dikasih dot dan tidak mau dengan asi karena cara menyedotnya beda. Jika kita memberi ASI, gizinya tercukupi dan menjaga hubungan emosi antara anak dan ibu. Sekarang yang disarankan selama 6 bulan diberi asi eksklusif yang mana sampai umur 6 bulan dia hanya boleh minum ASI. Karena pencernaan bayi masih lemah, walaupun dikasih makanan yang sudah dilembekkan, pencernaan bayi belum siap menerima. ASI juga menyesuaikan dengan apa yang dimakan ibunya, dan jika ASI nya cukup anak tidak akan bermasalah makannya nanti. IMD ini prosesnya yang betul, setelah mulut bayi dibersihkan setelah nangis, sebelum dimandikan, bayi di letakkan di Perut ibunya, dengan alami dia akan tengkurap dan secara alami dia akan mencari puting ibunya, walaupun agak lama sekitar setengah sampai 1 jam. Suhu tubuh ibunya sangat nyaman saat itu karena sesuai dengan suhu saat dia di dalam. Dengan sangat alami bayi akan menemukan puting ibunya. Kalau bisa minta rawat gabung, bayi diletakkan di sebelah kita. Kenapa penting? Karena saya khawatir dengan iklan susu yang sebenarnya ngapusi, pertama boros, kalau kita kasih ASI kita hemat, uangnya bisa ditabung. Bagaimana dengan ibu yang bekerja? Sekarang bisa dilakukan memeras susu sendiri. ASI bisa ditabung, minggu pertama produksi ASI sangat banyak, jika tidak dikeluarkan akan membuat sakit, bisa diperas, yang bagus pakai tangan, cuci tangan yang bersih, bisa dikompres pakai air hangat, diurut pelan-pelan sampai keluar dan bisa ditabung, disimpan di botol bayi dan ditutup rapat, bisa disimpan di suhu seperti ini, diatahan 6 jam, kalau di kulkas bisa tahan 2 hari, 2 X 24 jam, kalau di freezer sampai 6 bulan. Kadang saya juga donorkan asi saya. ASI yang sudah kita simpan di kulkas, silahkan dikeluarkan, dimasukkan ke baskon berisi air hangat sehingga dia mencair dan diberikan menggunakan pipet. ASI ekslusive, 0-6 bulan, setelah lebih dari 6 bulan, bayi siap untuk diberi makanan tambahan. Tapi perkenalannya juga bertahap. Biasanya karbohidrat dulu, nasi tim, telo, pisang, beras merah, waluh dll. Kalau kurang encer silahkan ditambahi ASI. Buah buahan juga mulai dikenalkan, untuk pisang silahkan diambil yang di tengahnya yang banyak gizinya. Lebih baik tidak membeli makanan bayi instant. Jangan menambahkan gula dan garam sampai umur 1 tahun. Karena bayi yang baru lahir bisa menerima semua jenis makanan, dan gula garam untuk bayi dibawah 1 tahun belum bisa dicerna dengan baik.untuk bayi semua enak. Hati-hati dengan madu , karena madu mengandung bakteri bertolini yang bisa berakibat pada kematian bayi untuk bayi dibawah 1 tahun. Ada yang mau ditanyakan? Saat anak saya yang pertama saya tidak mempraktekkan IMD karena belum tahu, dan diberi susu formula, beberapa hari kemudian bayi saya ditanyakan kuning. Untuk yang kedua saya mempraktekkan IMD ini.
Jika kita menyusui setelah melahirkan juga membantu mempercepat pemulihan rahim. Jadi banyak keuntungan dari menyusui. Dan bayi yang mengkonsumsi ASI tidak cepat sakit dan ketika sakit mudah sembuh. Saya sudah memperhatikan dengan anak tetangga saya yang saat sakit pengobatannya juga berbeda. Kembar sebagian besar faktor turunan, faktor yang lain dikarenakan setelah mengkonsumsi obat penyubur, saking suburnya, yang seharusnya satu bulan hanya memproduksi satu telur, kasus kehamilan bayi kembar biasanya dikarenakan pada saat bersamaan ada dua telur yang matang dan dibuahi oleh dua sperma sehingga ada dua pembuahan, dan jika dua pembuahan semua jadi akan terjadi bayi kembar. Dan ini lebih aman. Ini biasanya tidak kembar identik untuk kembar identik terjadi saat pemecahan sel dan ternyata tidak hanya menjadi satu embrio, menjadi dua sehingga ada dua bayi, dan ini lebih beresiko karena bisa menjadi bayi kembar siam. Tapi pada dasarnya kehamilan kembar menjadi kehamilan yang beresiko.biasanya disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang lebih banyak. Juga proses kelahiran biasanya ditanya mau caesar atau normal karena untuk kelahiran normal juga beresiko.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *