PEMBINAAN BAGI PENYANDANG DISABILITAS DI DESA MARDIKOREJO KECAMATAN TEMPEL

Pemerintah Desa Mardikorejo Kecamatan Tempel sangat mendukung dengan program-program untuk memberdayakan penyandang disabilitas di Desa Mardikorejo. Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah dengan melakukan Pembinaan bagi Masyarakat Disabilitas Desa Mardikorejo. Acara ini diikuti oleh perwakilan masyarakat desa Mardikorejo dan perangkat desa. Sambutan disampaikan oleh Drs. Bambang Purasto, Kepala Desa Mardikorejo yang mengutarakan rasa syukurnya atas semakin terbukanya masyarakat disabilitas Mardikorejo untuk ikut membangun desa. Ada beberapa hal yg harus dikerjakan bersama untuk mencapai arah yang lebih maju lagi agar penyandang disabilitas desa Mardikorejo menjadi salah satu percontohan atas program-program yang telah di siapkan oleh pemerintah desa, salah satunya program pemberdayaan dari pemerintah desa, seperti budidaya jamur. Pada tahun depan pemerintah desa akan punya program unggulan untuk masyarakat Mardikorejo yaitu mendirikan Rumah Makan, yang akan dikelola oleh pemerintah desa dengan memberdayakan penyandang disabilitas.

“..sekarang ini kelihatan penyandang disabilitas sudah tidak malu lagi untuk berinteraksi kepada masyarakat lainnya..” ujar Bambang.

Sebagai perwujudan dalam memberdayakan penyandang disabilitas di desa ini, Bambang menyerahkan dana pembinaan tahun 2017  dari desa Mardikorejo sebesar Rp. 8.000.000,- kepada masyarakat Desa Mardikorejo. Respon dari masyarakat sangat berharap kedepannya penyandang disabilitas jangan  merasa berkecil hati karena pemerintah desa sudah semakin peduli terhadap penyandang disabilitas.

Sambutan dari perwakilan difabel, berharap teman-teman bisa lebih semangat lagi jangan merasa berkecil hati karena sekarang pemerintah mulai dari desa sampai ke pemerintah pusat sudah semakin peduli kepada penyandang disabilitas, untuk itu marilah saling bahu membahu  untuk ikut serta dalam mendorong pembangunan di Desa Mardikorejo.

Selain Bambang, Tri Ameriadi selaku seksi kesejahtraan masyarakat kecamatan Tempel sangat mengapresiasi atas apa yang telah diberikan pemerintah desa Mardikorejo kepada penyandang disabilitas. Tahun ini pemerintah desa telah melaksanakan programnya untuk pembinaan bagi penyandang disabilitas, sehingga semua berharap agar  penyandang disabilitas desa Mardikorejo bisa berkiprah seperti masyarakat pada umumnya dan tidak ada perbedaan. Untuk itu marilah bersama-sama untuk selalu eksis dalam melakukan program-program yang telah didapatkan dari pemerintah desa, jangan memiliki rasa minder lagi. Karena semua orang mempunyai hak yang sama, kesempatan yang sama, terlebih pemerintah sudah memiliki undang-undang terkait perlindungan dan pemenuhan hak penyandang disabilitas. (Made)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *