Promosi Potensi Desa melalui Karnaval Wisata dan Budaya

Karnavala Wisata dan Budaya

Ada yang baru di Desa Karangpring, Kecamatan Sukorambi, Jember. Minggu, 13 Oktober 2019 desa ini untuk pertama kalinya menghelat Festival Wisata dan Budaya. SAPDA yang bekerja sama dengan Voice berupaya mendorong agar potensi yang dimiliki desa ini dimanfaatkan dan dapat dikenal secara luas.

Desa yang terletak di sebelah utara Kabupaten Jember ini berbatasan langsung dengan Lereng Hyang Gunung Argopuro. Desa Karangpring memiliki kontur alam yang sangat indah, namun belum dikelola secara maksimal. Hal ini diakui langsung oleh Anas Ma’ruf, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Jember yang mengatakan bahwa desa ini sangat potensial untuk dikembangkan.

“Desa Karangpring sangat potensial untuk dikembangkan. Swadaya masyarakat perlu diapresiasi dan ditindaklanjuti,” ujarnya.

Selain itu, dia juga berpesan agar pemuda desa ini ikut terlibat aktif dalam mengembangkan potensi desa dan mengenalkannya ke khalayak luas.

Rudi, Camat Sukorambi juga berharap senada. Menurutnya, pengembangan potensi wisata yang ada memerlukan partisipasi aktif dari warga dan pemerintah desa.

Letak geografis yang berada di lereng gunung membuat tanaman kopi tumbuh subur di desa ini. Kopi kini menjadi potensi besar untuk dikelola dan dikembangkan. Selain itu, warga desa juga aktif memproduksi berbagai jenis kerajinan yang bahannya berasal dari alam sekitar desa.

Banyak kegiatan yang diagendakan dalam festival ini. Karnaval diawali dengan peserta bersepeda sembari menikmati keindahan alam dan berswafoto di spot wisata. Setelah itu, dilanjutkan dengan konvoi motor bersama DMI (Difabel Motorclub Indonesia) yang diikuti sekitar lima puluh kendaraan.

Konvoi DMI dan warga ini berakhir di objek wisata. Di sana, mereka disuguhi hidangan kopi produk asli Desa Karangpring. Di lokasi wisata, juga diadakan talkshow singkat yang dihadiri oleh Kadis Pariwisata Jember, Camat Sukorambi, Direktur SAPDA dan Perwakilan dari DMI. Talkshow ini membahas mengenai potensi dan pengembangan yang ada di Desa Karangpring. Malam harinya, berlangsung pentas seni dan pertunjukan yang diikuti oleh berbagai kelompok seni.

 

 

Post Author: Media SAPDA

Media SAPDA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *