Written by Media SAPDA on September 30, 2018 in Berita Kabar Komunitas Kegiatan

Peserta HBII 2018 Jember yang Terdiri dari Anggota DPD/DPC Gerkatin dan Komunitas Tuli Jawa Timur (Doc: SAPDA Media)

Hari ini Minggu, 30 September 2018, Kabupaten Jember yang diselenggarakan oleh Gerkatin (Gerakan untuk Kesejahteraan Tunarungu Indonesia) mengadakan kegiatan Hari Bahasa Isyarat Internasional ke-14 yang bertajuk “Dengan Bahasa Isyarat, Semua Orang Terlibat”. Dihadiri oleh sekitar 450 orang dengan disabilitas rungu-wicara/Tuli dari berbagai daerah di Jawa Timur.

Salah satu tujuan yang ingin dicapai dalam acara ini adalah untuk menunjukkan bahwa Tuli memiliki kemampuan dan posisi yang setara dengan masyarakat pada umumnya, yakni melalui Bahasa Isyarat yang menjadi bentuk aksesibilitas komunikasi dan pertukaran informasi.

Acara yang digelar di alun-alun Kabupaten Jember ini mendapat dukungan baik dari pihak pemerintah melalui beberapa OPD terkait. Sejalan dengan program Bupati Jember Dr. Hj. Faida MMR dalam mewujudkan Jember sebagai kota yang ramah disabilitas, ketua DPC Gerkatin Jember dalam kesempatan ini juga menyampaikan keinginannya untuk terus mendukung dan berjuang bersama pemerintah Jember mewujudkan aksesibilitas Tuli melalui gerakan Bahasa Isyarat. (rda)

Leave Comment