Mengenal Teks Alternatif dalam Media Aksesibel

Ilustrasi laptop, kertas, alat tulis, dengan latar belakang warna ungu cerah.

Sobat inklusi pasti pernah mendengar tentang Teks Alternatif, atau biasa disebut sebagai Alt Text. Sederhananya, Alt Text merupakan deskripsi atas informasi visual di dalam media digital. Namun, Alt Text berbeda dengan keterangan gambar atau caption. Daripada caption, Alt Text menjelaskan informasi visual secara lebih detail apa yang terjadi di dalam gambaran visual termasuk konteks yang menyertainya.

Kehadiran teks alternatif sangat penting untuk merespon hambatan penyandang disabilitas penglihatan dalam menerima dan memahami informasi visual. Berikut adalah penjelasan yang lebih lengkap mengenai cara kerja Alt Text, termasuk cara membuatnya dan panduan menulis Alt Text yang baik.

Cara Kerja Alt Text

Alt Text hanya bekerja di dalam media digital seperti situs web atau aplikasi. Ia sebenarnya merupakan bagian dari kode pemrograman HTML yang tidak termuat di halaman pengguna, sehingga kita tidak bisa melihat Alt Text tersebut secara langsung.

Alt Text baru bisa diidentifikasi melalui teknologi pihak ketiga, yakni pembaca layar. Teknologi pembaca layar akan menerjemahkan informasi yang ada di dalam Alt Text dalam bentuk suara, hingga dapat diterima oleh pengguna yang memiliki hambatan penglihatan.

Pihak lain yang bisa mengidentifikasi Alt Text tentu saja adalah editor. Platform digital biasanya menyediakan halaman khusus bagi para editor untuk membuat dan menyunting informasi. Pada halaman tersebutlah editor dapat mengakses, menciptakan, dan mengatur Alt Text secara langsung.

Cara Membuat Alt Text

Alt Text harus disematkan pada informasi visual dalam bentuk apapun, baik gambar, foto, grafik, diagram. ilustrasi, bahkan item-item visual lain yang sifatnya dekoratif seperti logo, garis, dan bentuk.

Saat ini, beberapa platform media digital sudah menyediakan fitur yang memungkinkan kita menyematkan Alt Text di dalam sebuah informasi visual. Fitur ini setidaknya sudah tersedia di beberapa aplikasi media sosial, seperti Facebook, Instagram, dan Twitter.

Selain itu, fitur penambahan Alt Text juga dapat ditemukan pada teknologi pengolah kata. Sebut saja Microsoft Office dan Adobe Acrobat (PDF), dua perangkat lunak pengolah kata yang hampir sering kita gunakan. Berikut ini adalah beberapa langkah menambahkan Alt Text di masing-masing platform:

Menambahkan Alt Text di Instagram:

  1. Saat postingan siap diunggah, pilih “Pengaturan Lanjutan”.
  2. Pada menu “Aksesibilitas”, pilih menu “Tulis Teks Alternatif”.
  3. Tulis teks alternatif pada kolom yang tersedia.
  4. Pilih ikon centang pada pojok kanan atas untuk menyelesaikan.

Menambahkan Alt Text di Facebook:

  1. Saat postingan siap diunggah, pilih ikon titik tiga pada pojok kanan atas gambar atau foto.
  2. Pilih menu “Edit Alt Text”.
  3. Tulis teks alternatif pada kolom yang tersedia.
  4. Pilih menu “Ok” untuk menyelesaikan.

Menambahkan Alt Text di Twitter:

  1. Saat postingan siap diunggah, pilih ikon “+ALT” pada pojok kanan bawah foto atau gambar.
  2. Tulis teks alternatif pada kolom yang tersedia.
  3. Pilih menu “Selesai” pada pojok kanan atas untuk menyelesaikan.

Menambahkan Alt Text di Microsoft Office:

  1. Klik kanan item visual.
  2. Pilih “View Alt Text”.
  3. Tulis teks alternatif pada kolom yang tersedia.
  4. Untuk item visual yang sifatnya dekoratif, kosongkan kolom Alt Text dan centang bagian “Mark As Decorative”.

Menambahkan Alt Text di Adobe Acrobat (PDF):

  1. Pilih “Tools”.
  2. Pilih “Accessibility”.
  3. Pilih “Set Alternative Text”.
  4. Terbuka kotak peringatan, bahwa Adobe Acrobat akan mengidentifikasi seluruh item visual di dalam dokumen.
  5. Pilih “Ok” untuk melanjutkan.
  6. Menulis teks alternatif pada kolom yang tersedia.
  7. Untuk item visual yang sifatnya dekoratif, kosongkan kolom Alt Text dan centang bagian “Mark As Decorative”.

Tips Menulis Alt Text yang Baik

Terkadang, walaupun sudah tersedia Alt Text, mereka yang memiliki hambatan penglihatan atau mengandalkan informasi suara masih kesulitan dalam menerima dan memahami informasi visual. Hal ini karena Alt Text sering kali ditulis seadanya dan belum cukup menjelaskan deskripsi dan konteks dari sebuah informasi visual.

Mengutip Microsoft, berikut adalah beberapa tips menulis Alt Text sehingga dapat membantu para penggunanya:

  1. Ditulis sedeskriptif mungkin dalam menjelaskan informasi visual.
  2. Akan lebih baik jika memuat konteks seperti: jumlah, latar, emosi wajah, warna, atau ukuran relatif.
  3. Mejelaskan ulang informasi teks yang ada di dalamnya.
  4. Terdiri dari maksimal 3 kalimat dengan pilihan kata yang cermat.
  5. Hindari menulis Alt Text sama dengan caption atau judul informasi.

Berikut adalah beberapa contoh penerapan Alt Text pada informasi visual:

Caption: Tim SAPDA sedang melakukan penyerahan paket bantuan UMKM kepada Kelompok Wanita Maharani, Yogyakarta, berupa spanduk dan alat pertanian.

Alt Text: Foto berisi tiga orang perempuan berdiri di depan sebuah pendopo dan taman bermain. Dua perempuan di antaranya sedang memegang kardus coklat dengan stiker biru bertuliskan Paket Bantuan untuk UMKM, serta satu lainnya sedang memegang spanduk berwarna sama seperti stiker bertuliskan Kelompok Wanita Tani Maharani.

Ilustrasi kartun jurnalis mewawancarai penyandang disabilitas.

Caption: Ilustrasi meliput penyandang disabilitas.

Alt Text: Ilustrasi kartun dengan dominan warna biru, menggambarkan kelompok ragam disabilitas Fisik, Netra, Tuli, dan Mental Intelektual yang sedang diwawancarai oleh reporter dengan kameramen.

Caption: Diagram Jumlah Kasus Kekerasan Berdasarkan Jenisnya.

Alt Text: Diagram berwarna ungu dengan latar belakang putih menjelaskan jumlah kasus kekerasan seksual berdasarkan jenisnya. Dari yang tertinggi sampai terendah, perkosaan 18 kasus, pelecehan seksual fisik 10 kasus, persetubuhan terhadap anak 7 kasus, perbuatan cabul dan eksploitasi seksual masing-masing 4 kasus, pemaksaan kontrasepsi dan pelecehan seksual non fisik masing-masing 2 kasus, dan pemaksaan sterilisasi 1 kasus.

Demikian penjelasan mengenai teks alternatif atau Alt Text. Bagi sobat inklusi yang aktif menggunakan media digital untuk memproduksi informasi, sangat disarankan untuk tidak pernah lupa menyematkan teks alternatif. Hal ini merupakan bagian dari upaya kecil untuk menciptakan aksesibilitas dan keterbukaan informasi bagi semua orang, termasuk penyandang disabilitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *